RPP SMP Kurikulum 2013 kelas 7


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMP
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : VII/I
Materi pokok                           : Apologizing
Alokasi Waktu                       : 2 pertemuan (4JP)

A.      Kompetensi Inti
1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi dasar
Indikator pencapaian kompetensi
1
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
Sebagai bukti bahwa siswa mensyukuri mendapat kesempatan belajar Bahasa Inggris:

2
2.1. Menghargai perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi  dengan guru dan teman.
2.1.5. Siswa meminta maaf dengan cara yang santun dan berterima.



3
3.1. Memahami teks lisan berupa sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf serta responnya.
3.1.1. Siswa mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyapa orang lain dan responnya.

3.1.5. Siswa mengidentifikasi ungkapan permintaan maaf dan responnya.
4
4.1. Menyusun teks lisan untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.9. Siswa menggunakan ungkapan permintaan maaf pada situasi yang tepat.


4.1.10. Siswa merespon orang lain yang meminta maaf.





C.      Tujuan Pembelajaran  
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.1. mengucapkan ungkapan-ungkapan permohonan maaf dengan ucapan dan intonasi yang tepat.
1.2. menggunakan ungkapan permohonan maaf  yang benar dengan cara yang santun dan berterima.
1.3. merespon ungkapan permohonan maaf tersebut dengan benar.

D.      Materi Pembelajaran 
·           Meminta maaf (Apologizing)
E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan :
·         Scientific approach
F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    
Pertemuan pertama dan  kedua
a.         Pendahuluan  (10 menit )
1)  Guru menyapa siswa menggunakan Bahasa Inggris agar tercipta English environment.
2)  Guru mengecek kehadiran siswa.
b.        Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati:
1)     Siswa menonton video contoh ungkapan untuk meminta maaf.
2)     Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk meminta maaf, seperti: Sorry,  I am sorry,I really am sorry, I do apologize, I apologize, please forgive me
3)     Siswa berlatih mengucapkan (menirukan) ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk merespon sapaan, seperti: That’s all right, Don’t mention it, That’s OK. It’s not a big deal, No problem etc

Mempertanyakan:
4)     Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan makna dan fungsi sosial ungkapan-ungkapan tersebut.
5)     Guru menanyakan isi dialog yang terkait dengan video
Bereksplorasi:
6)     Tanpa bantuan guru, siswa diminta untuk mencoba menuliskan ungkapan meminta maaf berdasarkan video.
7)     Siswa mencari ungkapan-ungkapan lain yang dapat digunakan untuk meminta maaf dari berbagai sumber.
Mengasosiasi/menganalisis
8)     Dengan bekerja kelompok, siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk meminta maaf dan responnya untuk memperoleh informasi tentang makna dan fungsi sosialnya.
Berkomunikasi
9)     Guru meminta siswa untuk berlatih secara berkelompok dengan bergantian. Misalnya Si A pada awalnya membaca bagian meminta maaf, kemudian si B membaca bagian respon dan sebaliknya.
10)  Melalui berbagai situasi yang diberikan oleh guru, siswa berlatih menggunakan ungkapan untuk menyapa dan merespon ungkapan-ungkapan tersebut.

c.         Penutup ( 10 menit )
1)   Guru dan siswa secara bersama-sama membuat ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan ini.
2)   Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar yang telah mereka lakukan.
3)   Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempraktikkan ungkapan permintaan maaf dan mencatat kepada siapa saja siswa mengucapkan ungkapan tersebut.
4)   Siswa dengan bimbingan guru menulis jurnal sederhana tentang permasalahan yang mereka hadapi balam belajar bahasa Inggris dan mencoba mencari strategi untuk memecahkan masalah tersebut.
5)   Siswa dengan bimbingan guru menemukan manfaat mempelajari ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari untuk menambah kesyukuran mereka memperoleh kesempatan belajar Bahasa Inggris.
6)   Guru menjelaskan rencana kegiatan pembelajaran yang akan datang.

G.      Sumber Belajar
video pembelajaran

H.      Penilaian
Terlampir

                                                                             Sukoharjo,           2013

Mengetahui,                                                        
Kepala SMP Negeri 3 Sukoharjo                         Guru Mata Pelajaran,



                            
NIP.                                                                     NIP.
































Lampiran 1: Intrumen Penilaian
Lampiran 2: Rubrik Penilaian
Lampiran 3: Rubrik Penilaian Sikap

Instrumen penilaian
A.  Ranah Ketrampilan ( Unjuk Kerja )
a.       Teknik Penilaian                 : Unjuk Kerja
b.      Bentuk Instrumen              : Tes Ketrmpilan Berbicara dengan cara bermain peran

Soal (situasi) untuk menguji kemampuan siswa menggunakan ungkapan meminta maaf.Kartu di sebelah kiri untuk Siswa A dan kartu di sebelah kanan untuk Siswa B.

Kamu berperan sebagai Rahma. Karena terburu-buru berlari ke kamar mandi, tidak sengaja menyenggol vas bunga ibu dan vas tsb pecah. Lalu kamu meminta maaf kepada ibu.

Kamu berperan sebagai ibu Rahma.  Karena memecahkan vas bunga, Rahma meminta maaf. Berilah respon yang sesuai.



Kamu berperan sebagai Faiz. Kamu meminta maaf  kepada gurumu karena kamu datang terlambat.

Kamu berperan sebagai guru Faiz. Kamu menanyakan kepada Faiz alasan dia terlambat. Ketika faiz meminta maaf, kamu merespon dengan ungkapan yang sesuai.  



Kamu berperan sebagai Aziz. Kamu meminjam  pensil temanmu dan kamu menghilangkannya. Kemudian kamu meminta maaf dan mengganti pensil yang baru.

Aziz  meminta maaf  kepadamu karena menghilangkan  pensil yang dia pinjam. Berilah respon terhadap ungkapannya.
Kamu berperan sebagai Akbar. Kamu berjanji untuk mengerjakan PR bersama di rumah Ardi. Tetapi kamu lupa sehingga tidak datang.

Kamu berperan sebagai Ardi. Kamu sudah menunggu Akbar lama tetapi dia tidak datang karena lupa. Berilah respon permintaan maaf Akbar.

Kamu berperan sebagai Anis yang akan pergi ke kantin. Mila, temanmu minta tolong dibelikan makanan di kantin. Kamu bersedia dititipi tetapi ternyata kamu lupa membelikan makanan pesanan Mila.

Kamu berperan sebagai Mila yang merasa kecewa karena Anis lupa membelikanmu makanan.


Rubrik Penilaian Ketrampilan:
Skor 4 bila sangat lancar dan respon benar,
Skor 3 bila lancar dan respon benar,
Skor 2 bila cukup lancar dan respon benar
Skor 1 bila kurang lancar dan respon benar.

B.  Ranah Pengetahuan
a.                                                     Teknik Penilaian                      : Tes Tertulis
b.                                                    Bentuk Instrumen                   : Pilihan Ganda, Isian
c.                                                     Penilaian                                  : Jawaban benar 1, Jawaban salah 0

Contoh instrumen:
Cross the best answer by crossing a, b, c or d.
1.                                                                              1.    Mother        : Marisa, did you break the plate?
     Marisa        : Yes I did, I’m sorry Mom.
     Mother       :…… 
A.       I’m sorry too   
B.       You are welcome
C.       That’s all right  
D.        I love it      
      
2.         Ani                  : Please forgive me, Anton. I lost your ruler
Anton         : ..., Ani. I can use another one.
Ani             : Thanks Anton
Anton         : My pleasure, Ani

A.                That’s OK.
B.                 Yes, I like it
C.                 I dislike it
D.                Thank you

3.         Tia       : Oh my God. ... Beni. I forget to take you my new novel.
Beni     : No, problem. Please take it tomorrow
A.                Don’t worry
B.                 Please tell me
C.                 I do apologize
D.                See you next

Text for number  4 - 5
     Hilman        :  Please forgive me.(4)  I come late
Budi           : That’s all right. Why do you come late?
Hilman       : I miss the bus

4.                                                                                 The underlined word is the example of ...
A.                                                                                                       Gratitude
B.                                                                                                       Greeting
C.                                                                                                       Leave taking
D.                                                                                                       Apologizing

5.                                                                                 Here are the respon of apologizing, EXCEPT ...
A.                                                                                                       No problem
B.                                                                                                       That’s OK
C.                                                                                                       That’s all right
D.                                                                                                       My pleasure

C.  Ranah Sikap ( Penilaian Sikap Bertanggung jawab)
No.
Aspek yang dinilai
Skor
1.
2.
3.
4.
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2.
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3.
Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4.
Mengembalikan barang yang dipinjam




5.
Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




6.
Menepati janji




7.
Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri




8.
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta





Petunjuk Penskoran :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan  rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :

Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik   : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup                        : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang           : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33

4        : Selalu menunjukkan sikap percaya diri, bertanggung jawab dan santun
3        : Sering menunjukkan sikap percaya diri, bertanggung jawab dan santun
2        : Kadang-kadang menunjukkan sikap percaya diri, bertanggung jawab dan santun
1        : tidak pernah menunjukkan sikap percaya diri, bertanggung jawab dan santun


Comments

Popular posts from this blog

RPP untuk SMP kelas 7 semester 1