RPP untuk SMP kelas 7 semester 1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 3 Sukoharjo
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Materi
Pokok / Topik : Gratitude (Ucapan terima kasih)
Alokasi
Waktu : 2
pertemuan
( 4
Jam
Pelajaran)
A. Kompetensi
Inti
KI
1:
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2:
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3:
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
KI
4: Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris
sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
Sebagai bukti bahwa siswa mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris:
siswa
menggunakan ungkapan terima kasih dalam situasi yang nyata.
|
|
2.1.
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal
dengan guru dan teman.
|
Siswa berterimakasih
dengan cara yang santun dan berterima
|
|
3.1 Memahami fungsi sosial,struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada ungkapan terima kasih, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
Siswa mengidentifikasi
ucapan terima kasih beserta responnya
|
|
4.1. Menyusun teks
lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon sapaan, pamitan, ucapan
terimakasih, dan permintaan maaf, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1. Siswa menggunakan ucapan terimakasih pada situasi yang tepat
4.1.2. Siswa merespon orang lain yang mengucapkan terima kasih
|
C. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.
Mengucapkan ungkapan terimakasih dengan ucapan dan intonasi yang tepat.
2.
Menggunakan ungkapan terimakasih yang benar dengan cara ayng santun dan
benar.
3.
Merespon ungkapan terima kasih dengan benar.
D. Materi Pembelajaran
Teks lisan untuk berterima kasih beserta responnya.
THANKING
|
RESPONSES
|
·
Thanks!
·
Thank you.
·
Thank so much!
·
Thanks a lot!
·
Thank you very much.
·
Thanks anyway.
·
Thanks for your kindness
·
I’m grateful to your kindness
|
·
You are welcome.
·
My pleasure
·
No problem.
·
Don’t say that
·
Don’t mention it
·
Never mind
·
Not at all.
·
Anytime.
·
It’s okay.
|
Contoh :
Andy : Hi, Siti. How are you?
Siti : I’m fine. Thank you.
Andy : You are welcome.
Rio : Hi! Why are you go to school on
foot?
Ad i :
My bike is broken.
Rio : Would you like to go to school with
me?
Adi : Oh, thanks for your kindness.
Rio : Don’t mention it
Ani : Please, take me a glass of water.
Nita : Ok. Wait for a minute.
Here you are!
Ani : Thank you very much!
Nita : Anytime
E. Metode
Pembelajaran:
CTL
(Contextual Teaching and Learning)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama dan kedua @ 80
menit
a.
Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa memimpin doa.
2)
Guru menjelaskan pentingnya berdoa dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa.
3)
Guru menyapa siswa dan menanyakan kondisi mereka menggunakan bahasa Inggris
agar tercipta English Environment.
4)
Guru mengecek kehadiran siswa
b.
Inti
Mengamati (Observing)
1)
. Siswa mengamati contoh gambar tentang ucapan
terima kasih, yang ditayangkan
lewat LCD.
2)
Siswa berlatih menirukan ucapan yang digunakan untuk ucapan terima kasih seperti : thakns, Thank you so much, dll.
3)
Siswa berlatih menirukan ucapan yang digunakan untuk menjawab / merespon
ucapan terima kasih seperti :you’re
welcome, don’t mention it, anytime.
Mempertanyakan
(Questioning)
4) Dengan pertanyaan pengarah
dari guru, siswa terpancing untuk mempertanyakan tentang ucapan terima kasih, dengan responnya dari ucapan guru yang didengar
atau dilihat.
5) Dengan pertanyaan pancingan
dari guru , siswa mempertanyakan ungkapan lain yang digunakan untuk ucapan terima kasih beserta responnya.
6) Dengan pertanyaan pancingan
dari guru, siswa mempertanyakan
identifikasi ciri-ciri interaksi ucapan terima kasih, permintaan maaf (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Bereksplorasi
7) Siswa mencari ungkapan-ungkapan
yang dapat digunakan untuk berterimakasih dari berbagai sumber.
Menganalisa
8) Dengan bekerja kelompok,
siswa mempelajari ungkapan-ungkapan untuk berterimakasih beserta responnya
untuk memperoleh informasi tentang maknadan fungsi sosial ungkapan tersebut.
Berkomunikasi
9) Melalui berbagai situasi yang
diberikan oleh guru siswa berlatih berpasangan dengan teman sebangku
menggunakan ungkapan-ungkapan untuk berterimakasih dan merespon
ungkapan-ungkapan tersebut.
c.
Penutup
1) Guru dan siswa bersama-sama membuat
ringkasan bahan yang sudah dipelajari pada pertemuan tersebut.
2) Guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa untuk membantu mereka melakukan refleksi terhadap kegiatan belajar
yang telah mereka lakukan.
3) Guru memberikan tugas kepada
siswa untuk mempraktikkan ungkapan terima kasih dan mencatat siapa saja siswa
yang telah mengucapkan ungkapan terima kasih tersebut.
4) Guru menjelaskan rencana
kegiatan pembelajaran pada pertemuan yang akan datang.
F. Media
Pembelajaran:
LCD,
gambar
G. Sumber
Belajar
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Inggris, When
English Rings the Bell, Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. Penilaian
Terlampir
Sukoharjo, 2013
Mengetahui,
Kepala
SMP Negeri 3 Sukoharjo Guru Mata Pelajaran,
SURATMAN,
S.Pd., M.Pd. MOH. ARIFIN,
S.Pd.
NIP. 19650527 198903 1 011 NIP. 19700414
199702 1 003
Lampiran
1 : Instrumen Penilaian
Lampiran
2 : Rubrik Penilaian
Lampiran 1 :
Instrumen Penilaian Sikap Sosial dan Spiritual
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Sosial
|
Jumlah
|
|||
Rasa hormat
|
Berani
|
Percaya Diri
|
Berkomunikasi Baik
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5 dst
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian dari Segi Sikap (attitude)
a.
Rasa hormat(respect)
4
= Tidak pernah menunjukkan sikap tidak hormat
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak hormat
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak hormat
1 = Sangat sering
menunjukkan tidak hormat
b.
Berani (brave)
4
= Tidak pernah menunjukkan sikap tidak berani
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak berani
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak berani
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tiodak berani
c.
Percaya diri (confidence)
4
= Tidak pernah menunjukkan sikap tidak percaya diri
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak percaya diri
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
1 = Sangat sering
menunjukkan sikap tidak percaya diri
d.
Berkomunikasi baik (communicative)
4
= Tidak pernah menunjukkan sikap tidak komunikatif
3 = Beberapa kali
menunjukkan sikap tidak komunikatif
2 = Sering
menunjukkan sikap tidak komunikatif
1 = Sangat sering menunjukkan
sikap tidak komunikatif
Lampiran 2 :
Instrumen Penilaian Pengetahuan
Choose the
best answer !
1.
Eny :
Hi, Judi. How are you?
Judi : I’m fine, .... and you?
A.
What’s up
B.
Thanks.
C.
What about
D.
Good byie
2.
Arlin :
Rita, can you help me to move the chair?
Rita : Sure.
Arlin : Thank you so much, Rita.
Rita : ....
A.
Anytime
B.
I feel not bad
C.
Do you?
D.
I go first.
3.
Adiat :
Here your pencil, Rudi? It is under the table.
Rudi : ...., Adiat. I look
for it around my house.\
Adiat : don’t mention it.
A.
You too
B.
Thanks a lot
friend
C.
You are amazing friend
D.
you are my best
Read the
dialogue carefully.
Mrs. Rudy : Roy, I need some sugar for the cake and
I’m too busy to go to the market. Please, will
you buy it for me?
Roy : Of course, mam.
Mrs. Rudy : Thank
you, sweety.
Roy : My pleasure, Mam.
4.
Where does the dialogue take place?
A.
At school
B.
At the house
C.
At the kitchen
D.
At the market
5.
Who is Mrs. Rudy? She is ....
A.
Roy’s neighbor
B.
Roy’s teacher
C.
Roy’s aunty
D.
Roy’s mother
6.
How does Roy respond Mrs. Rudy’s gratitude?
A.
Of course, mam.
B.
My pleasure, mam.
C.
Yes, Mam.
D.
I’m sorry, Mam.
7.
Where does Roy buy the sugar?
A.
At the kitchen
B.
At the market
C.
At the shop
D.
At the supermarket
8.
“Please, will you buy it for me?” The word ‘it’
refers to ....
A.
Sugar
B.
Market
C.
Cake
D.
Sweet
9.
Ruly :
Anik, can I borrow your dictionary?
Anik : Sure. Why not?
Ruly
: Thank you
Anik : Don’t
say that
Will Anik lend the dictionary to Ruly?
A.
Yes, she can.
B.
No, she cannot.
C.
Yes, she sill.
D.
No, he will not.
10. Mrs. Rahmad : Can you bring me a glass of water,
Ari? I’m so thirsty after doing the exercise?
Ari : Ok, Mam. Anything
else?
Mrs.
Rahmad : No, dear. Thanks a lot.
Ari : No problem, Mam.
Why
does Mrs. Rahmad need a glass of water? Because ....
A.
She wants to have en exercise.
B.
She wants to do anything else.
C.
Ari is a good child.
D.
She is very thirsty.
Pedoman Penskoran:
Betul X 10 = Skor
Misal : betul 8. Nilai :
8 X 10 = 80
Lampiran 3 :
Instrumen Penilaian Ketrampilan
Kamu berperan sebagai Siswa A yang bertanya pada
Siswa B: Apakah kamu bisa meminjam penghapusnya. Ternyata Siswa B mau
meminjamkannya. Ucapakan terima kasih kepada Siswa B dan Siswa B menjawab
ucapan terimakasih tersebut.
|
Kamu berperan sebagai Siswa A. Kamu ingin
membuat layang-layang. Ternyata kamu memerlukan lem. Mintalah Siswa B
membelikannya di toko yang terdekat. Siswa B mau membantumu. Ucapakan terima kasih kepada Siswa B dan
Siswa B menjawab ucapan terimakasih tersebut.
|
Kamu
berperan sebagai Siswa B. Tanyakan pada Siswa A, apakah dia bisa membantumu
menyiram bunga di halaman karena dia sedang sibuk memasak. Siswa A ternyata
bersedia membantumu. Ucapkan terima kasih padanya. Siswa A merespon ucapan
Anda tersebut.
|
Kamu
berperan sebagai Siswa B. Tanyakan pada Siswa A, apakah dia bisa membantumu
mengangkat meja di ruang tamu. Siswa A ternyata bersedia membantumu.
Ucapkan terima kasih padanya. Siswa A merespon ucapan Anda tersebut.
|
Rubrik Penilaian Aspek Ketrampilan
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Kelancaran (fluency)
|
4 = Lancar
3 = Cukup lancar
2 = Kurang lancar
1 = Tidak lancar
|
|
2.
|
Pengucapan
|
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit
dipahami
|
|
3.
|
Intonasi
|
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit
dipahami
|
|
4.
|
Pilihan kata (diction)
|
4 = Variatif dan tepat
3 = Cukup variatif dan tepat
2 = Kurang variatif dan tepat
1 = Tidak variatif dan tepat
|
|
Skor : Nilai
Perolehan X 4 = NILAI
Nilai Maksimal
Lampiran 4 :
Gambar-gambar yang
diyangkan untuk memancing eksplorasi anak
Comments
Post a Comment